Rabu, 15 Januari 2014

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MAKROMOLEKUL

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Nama Sekolah                         : SMA N 1 PEMALANG
Mata Pelajaran                        : Kimia
Kelas / Semester                      : XII / 5
Pertemuan ke                         : 10
Alokasi Waktu                        : 2 x 45”
Standar Kompetensi               : Menjelaskan Sistem Klasifikasi dan Kegunaan Makromolekul
Kompetensi Dasar                   : Menjelaskan Karbohidrat, Klasifikasi dan Penggunaannya

Indikator
1.        Karbohidrat dan klasifikasinya dideskripsikan dengan jelas
2.        Penggunaan karbohidrat dalam kehidupan dideskripsikan dengan benar

I.     TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari uraian materi kegiatan belajar ini, siswa dapat :
1.        Mendeskripsikan karbohidrat dan klasifikasinya dengan jelas
2.        Mendeskripsikan penggunaan karbohidrat dalam kehidupan dengan benar

II.     MATERI PEMBELAJARAN
1.        Karbohidrat dan klasifikasinya
2.        Aplikasi karbohidrat

III.     PENDEKATAN DAN METODE
1.        Pendekatan     : Pendekatan Proses
2.        Metode           : Diskusi Informasi dan Tanya Jawab

IV.     LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Uraian
waktu
Kegiatan awal
Pendahuluan
1.    Berdoa dan presensi siswa
2.    Guru menjelaskan indikator dan tujuan pembelajaran yang harus dicapai siswa melalui pembelajaran hari ini
3.    Prasyarat pengetahuan : definisi karbohidrat
4.    Motivasi : makanan yang kita makan harus mengandung karbohidrat untuk sumber energi
5.    Masalah : menanyakan pada siswa tentang  makanan-makanan yang mengandung karbohidrat
10”
Kegiatan inti
Eksplorasi
1.      Diskusi dan informasi tentang macam-macam karbohidrat
2.      Diskusi dan informasi tentang kegunaan karbohidrat

Elaborasi
Mengerjakan soal-soal latihan karbohidrat
Konfirmasi
Menyamakan persepsi tentang karbohidrat
70”
Kegiatan akhir
Penutup
Memberikan soal-soal latihan dan pekerjaan rumah serta memberi tugas membaca untuk pertemuan berikutnya tentang lipid
10”

V.     ALAT DAN  SUMBER BELAJAR
Buku teks atau buku paket kimia SMK/SMA Kelas XI

                       

















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Nama Sekolah                         : SMA N 1 PEMALANG
Mata Pelajaran                        : Kimia
Kelas / Semester                      : XII / 5
Pertemuan ke                         : 11
Alokasi Waktu                        : 2 x 45”
Standar Kompetensi               : Menjelaskan Sistem Klasifikasi dan Kegunaan Makromolekul
Kompetensi Dasar                   : Menjelaskan Lipid, Klasifikasi dan penggunaannya

Indikator
1.      Lipid dan klasifikasinya dideskripsikan dengan jelas
2.      Penggunaan lipid dalam kehidupan dideskripsikan dengan jelas

I.         TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari uraian materi kegiatan belajar ini, siswa dapat :
1.        Mendeskripsikan lipid dan klasifikasinya dengan jelas
2.        Mendeskripsikan penggunaan lipid dalam kehidupan dengan jelas

II.      MATERI PEMBELAJARAN
1.      Lipid dan klasifikasinya
2.      Aplikasi lipid

III.   PENDEKATAN DAN METODE
1.        Pendekatan     : Pendekatan Proses
2.        Metode           : Diskusi Informasi dan Tanya Jawab

IV.   LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Uraian
Waktu
Kegiatan awal
Pendahuluan
1.    Berdoa dan presensi siswa
2.    Guru menjelaskan indikator dan tujuan pembelajaran yang harus dicapai siswa melalui pembelajaran hari ini
3.    Mengingatkan pembelajaran minggu lalu tentang karbohidrat
4.    Prasyarat pengetahuan : pengertian lipid
5.    Motivasi : makanan yang kita makan harus mengandung lipid untuk sumber energi cadangan bagi tubuh
6.    Masalah : menanyakan pada siswa tentang  makanan-makanan yang mengandung lipid
10”
Kegiatan inti
Eksplorasi
1.      Diskusi dan informasi tentang macam-macam lipid
2.      Diskusi dan informasi tentang kegunaan lipid
Elaborasi
Mengerjakan soal-soal latihan lipid
Konfirmasi
Menyamakan persepsi tentang lipid
70”
Kegiatan akhir
Penutup
Memberikan soal-soal latihan dan pekerjaan rumah serta memberi tugas membaca untuk pertemuan berikutnya tentang protein
 10”

V.      ALAT DAN SUMBER BELAJAR
Buku teks atau buku paket kimia SMK/SMA Kelas XI
                       























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Nama Sekolah                         : SMA N 1 PEMALANG
Mata Pelajaran                        : Kimia
Kelas / Semester                      : XII / 5
Pertemuan ke                          : 12
Alokasi Waktu                        : 2 x 45”
Standar Kompetensi               : Menjelaskan Sistem Klasifikasi dan Kegunaan Makromolekul
Kompetensi Dasar                   : Menjelaskan Protein, Klasifikasi dan penggunaannya

Indikator
1.      Protein dan klasifikasinya dideskripsikan dengan jelas
2.      Penggunaan protein dalam kehidupan dideskripsikan dengan jelas

I.              TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari uraian materi kegiatan belajar ini, siswa dapat :
1.         Mendeskripsikan protein dan klasifikasinya dengan jelas
2.         Mendeskripsikan penggunaan protein dalam kehidupan dengan jelas

II.           MATERI PEMBELAJARAN
1.         Protein dan klasifikasinya
2.         Aplikasi protein

III.        PENDEKATAN DAN METODE
1.         Pendekatan               : Pendekatan Proses
2.         Metode                     : Diskusi Informasi dan Tanya Jawab

IV.        LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Uraian
waktu
Kegiatan awal
Pendahuluan
1.    Berdoa dan presensi siswa
2.    Guru menjelaskan indikator dan tujuan pembelajaran yang harus dicapai siswa melalui pembelajaran hari ini
3.    Mengingatkan pembelajaran minggu lalu tentang lipid
4.    Prasyarat pengetahuan : pengertian protein
5.    Motivasi : makanan yang kita makan harus mengandung protein untuk zat pembangun, dan pengatur tubuh
6.    Masalah : menanyakan pada siswa tentang  makanan-makanan yang mengandung protein
10”
Kegiatan inti
Eksplorasi
1.      Diskusi dan informasi tentang macam-macam protein
2.      Diskusi dan informasi tentang kegunaan protein
Elaborasi
Mengerjakan soal-soal latihan protein
Konfirmasi
Menyamakan persepsi tentang protein
70”
Kegiatan akhir
Penutup
Memberikan soal-soal latihan dan pekerjaan rumah serta memberi tugas membaca untuk pertemuan berikutnya tentang polimer
 10”


V.           ALAT DAN  SUMBER BELAJAR

Buku teks atau buku paket kimia SMK/SMA Kelas XI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar